Mail Merge merupakan fasilitas pada
Open Office yang berfungsi untuk membuat daftar penerima surat atau undangan. Dengan fasilitas ini, user dipermudah dalam mengatur format
surat atau undangan.
Membuat Mail Merge Envelope
1. Untuk membuat envelope, pertama-tama pada menu klik Insert, lalu klik Envelope.
2. Kemudian akan muncul window Envelope, pada envelope terdapat addressee yaitu nama penerima yang akan ditampilkan pada envelope. Untuk menambahkan penerima, gunakan combo box di sebelah kanan, atur sesuai database yang diinginkan. jika sudah klik tanda panah.
3. Kemudian pada kolom sender, digunakan untuk menampilkan nama pengirim pada envelope.
5. Kemudian pada printer, digunakan untuk mengatur posisi envelope pada kertas saat dicetak. jika sudah klik New Doc.
6. Kemudian akan muncul tampilan envelope yang telah setengah jadi. pada envelope sudah terdapat addressee dan sender.
7. Berikutnya yaitu pada menu klik Tools, lalu klik Mail Merge Wizard.
8. Kemudian akan muncul window Mail Merge. Lalu klik pada step 8 save, print or send. kemudian secara otomatis pada envelope tertera nama penerima sesuai dengan database.
9. Kemudian klik pada save starting document untuk menyimpan document awal envelope sebelum di mail merge. jika sudah klik finish.
10. Berikut adalah envelope yang telah jadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar