- Definisi E-commerce
E-Commerce
(Electronic Commerce) atau biasa disebut perdagangan elektronik merupakan suatu
proses kegiatan jual-beli , pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak
atau lebih melalui sistem elektronik seperti televisi maupun internet.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce
dapat berupa pembelian barang elektronik, buku, pakaian, tas, jam dan kebutuhan
tersier lainnya yang dilakukan secara online dimana pihak penjual dan pembeli
tidak harus bertemu secara langsung.
Kegiatan
E-commerce dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:
- Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
- Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen)
Tidak
mengandalkan kekuatan produk saja, namun perusahaan e-commerce juga harus
memiliki tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang
bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan
keamanan, desain situs web yang menarik, dan berikut ini beberapa faktor yang
termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas
- Menyediakan banyak bonus seperti penawaran istimewa, dan diskon
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dll
- Mempermudah kegiatan perdangan
Beberapa
aplikasi umum yang berhubungan engan e-commerce, yaitu:
- Akunting dan sisitem keuangan
- Content management system
- Dokumen, spreadsheet, database
- E-mail dan messaging
- Informasi pengiriman dan pemesanan
- Newsgroup
- Online shopping
- Conferencing
- Online banking
- Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
- Sistem pembayaran domestikdan internasional
- E-commerce Merupakan Bagian dari E-Business
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dari
penerapane-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti:
- Transfer dana secara elektronik
- SCM ( Supply Chain Management)
- E-pemasaran (e-marketing)
- Pemasaran online (online marketing)
- Pemrosesan transaksi online (online transaction Processing)
- Pertukaran data elektronik (electronic data interchange)
e-commerce
juga memerlukan teknologi basis data (database), surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, serta alat pembayaran untuk e-commerce ini.
- Manfaat dan Kekurangan Menggunakan E-commerce
Tujuan
suatu perusahaan menggunakan sistem e-commerce dalam dunia bisnis adalah untuk
memperoleh dan meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien dan efektif. Adapun
manfaat dalam menggunakan e-commerce bagi perusahaan, diantaranya:
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
- Mengurangi biaya operasional
- Memperluas jangkauan sehingga transaksi online dapat diakses oleh semua orang
- Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik
- Mempercepat waktu pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif
- Meningkatkan customer loyality
Permasalahan
e-commerce yang paling dominan adalah permasalahan yang bersifat teknis
operasional karena berhubungan dengan teknologi informasi. Permasalahan
tersebut meliputi:
- Dukungan serta kebijakan pemerintah yang belum jelas
- Perkembangan infrastruktur yang lambat dan tidak merata di masing-masing wilayah
- Kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidang teknologi informasi
- Sistem perdagangan yang kurang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar