Sabtu, 21 Maret 2015

E-marketing

  1. Definisi E-marketing
E-markating atau electronic marketing adalah bagian dari e-business yang memanfaatkan medium electronic untuk melakukan aktivitas marketing dalam upaya mencapai tujuan marketing. Ada berbagai bentuk e-marketing, yaitu:
  • Internet-marketing
  • Interactive-marketing
  • Mobile-marketing
E-marketing berada pada level strategis sebgai pelengkap dari marketing dan strategi bisnis tradisional. Selain itu masih ada satu istilah lagi yaitu interactive-marketing dan secara umum dapat diartikan sebagai bagian dari e-marketing yang melibatkan suatu level interaksi.

  1. Keuntungan E-marketing
Dibandingkan dengan metode tradisional marketing, e-marketing mempunyai beberapa keunggulan, yaitu:
  • Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
  • Respon yang lebih cepat, baik untuk end-user maupun bagi marketer
  • Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pengumpulan data
  • Personalisasi
  • Memungkinkan adanya interaksi
  1. Kelemahan E-marketing
Meskipun memberikan banyak kemudahan, e-marketing juga mempunyai kelemahan, yaitu
  • Ketergantungan pada teknologi
  • Isu keamanan dan privasi
  • Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
  • Akses teknologi yang belum merata, khususnya di Indonesia
  • Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
  • Kompetisi global
  • Kurangnya kemampuan untuk mengukur impact dari program e-marketing
  • Kemampuan internal yang terbatas untuk menjalankannya
  • Kesulitan untuk meyakinkan manajer senior
Sumber referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar