- Definisi E-marketing
E-markating atau electronic marketing adalah bagian dari
e-business yang memanfaatkan medium electronic untuk melakukan aktivitas
marketing dalam upaya mencapai tujuan marketing. Ada berbagai bentuk
e-marketing, yaitu:
- Internet-marketing
- Interactive-marketing
- Mobile-marketing
E-marketing
berada pada level strategis sebgai pelengkap dari marketing dan strategi bisnis
tradisional. Selain itu masih ada satu istilah lagi yaitu interactive-marketing
dan secara umum dapat diartikan sebagai bagian dari e-marketing yang melibatkan
suatu level interaksi.
- Keuntungan E-marketing
Dibandingkan
dengan metode tradisional marketing, e-marketing mempunyai beberapa keunggulan,
yaitu:
- Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
- Respon yang lebih cepat, baik untuk end-user maupun bagi marketer
- Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pengumpulan data
- Personalisasi
- Memungkinkan adanya interaksi
- Kelemahan E-marketing
Meskipun
memberikan banyak kemudahan, e-marketing juga mempunyai kelemahan, yaitu
- Ketergantungan pada teknologi
- Isu keamanan dan privasi
- Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
- Akses teknologi yang belum merata, khususnya di Indonesia
- Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
- Kompetisi global
- Kurangnya kemampuan untuk mengukur impact dari program e-marketing
- Kemampuan internal yang terbatas untuk menjalankannya
- Kesulitan untuk meyakinkan manajer senior
Tidak ada komentar:
Posting Komentar