Sabtu, 08 November 2014

Objek Wisata Cariu

Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu atau belum pernah mendengar apa itu Cariu. padahal lokasi Cariu tidak terlalu jauh dari Jakarta. Cariu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Cariu terletak di ujung timur kabupaten Bogor. Dengan melalui rute Jakarta-Cileungsi-Jonggol-Cariu, perjalanan menuju Cariu diperkirakan hanya di tempuh dalam waktu 60-90 menit. sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan pedesaan yang hijau dan jalan yang meliak liuk dan naik turun.

Cariu (kota) berbatasan langsung dengan 4 wilayah kota / kabupaten di sekitarnya, yaitu:
  • sebelah selatan berbatasan dengan Cianjur berjarak 10 Km
  • sebelah barat berbatasan dengan Jakarta berjarak 30 Km
  • sebelah utara berbatasan dengan Bekasi berjarak 10 Km
  • sebelah timur berbatasan dengan Karawang berjarak 10 Km

Kecamatan Cariu masih sangat asri, memiliki udara segar khas pegunungan, dan sangat cocok untuk menjadi tempat tujuan wisata yang menyuguhkan keindahan alam untuk menghabiskan waktu liburan. Lingkungan yang masih hijau dan berseri menjadi hal yang paling diandalkan Cariu untuk menarik minat wisatawan.

Berikut ini berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi di Cariu:
1). Penangkalan Rusa - Girijaya
Tempat penangkaran rusa di Cariu ini tidak banyak diketahui orang. Suasananya sepi karena jauh dari keramaian. Padahal, lokasi ini sudah ada sejak tahun 1993 dengan nama Wahana Wisata Penangkaran Rusa (WWPR) milik Dinas Perhutanan dan Pertanian Bogor. Jika ditinjau dari lokasinya, tempat ini sebetulnya sangat potensial didatangi oleh para wisatawan dari Jakarta, Bogor, Cianjur, maupun Bandung. artinya, diperlukan promosi dan sosialisasi lebih intens untuk mengenalkan penangkalan rusa cariu, agar banyak pengunjung yang datang.

2). Curug Country Cariu Indah
Curug Country adalah air terjun yang sangat indah dengan air bening yang menyejukan mata. Kondisi lingkungan disekitarnya masih terjaga kealamiannya. pengunjung akan disuguhi suasana alam yang asri dan sejuk. Jarak Curug Country dengan jalan raya Jonggol - Cariu sejauh 3 Km. Karena sedikitnya informasi, pengunjung diperkirakan akan kesulitan menemukan lokasi Curug Country. Yang pada umumnya diketahui, Curug Country berada di desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari. Curug Country mendapat julukan miniatur air terjun Niagara.

3). Curug Ciomas - Tanjung
Curug Ciomas merupakan wisata alam penuh tantangan. Curug Ciomas sangat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif tujuan wisata. lokasinya beada sekitar 7 Km dari pusat kecamatan Cariu. Curug Ciomas menyuguhkan view yang cukup menawan, sekaligus menantang, sangat cocok bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman berwisata sambil berpetualang.
Curug Ciomas ebenarnya adalah sebuah bendungan irigasi yang mengatur pembagian air yang mengalir di kali Ciomas di desa Cikutamahi, Cariu. namun karena airnya cukup jernih serta arealnya luas dan dikelilingi oleh perbukitan, menjadikan Curug Ciomas yang dibangun sekitar tahun 1965 ini menjadi salah satu objek wisata yang digandrungi wisatawan, khususnya para remaja.

4). Curug Jodoh - Tanjungrasa
Curug Jodoh berlokasi di desa Tanjungrasa, Tanjungsari, Cariu. Curug Jodoh memiliki keunikan yang tidak dimiliki objek-objek wisata air dan alam lainnya di Cariu. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, Curug Ciomas diyakini akan mendatangkan jodoh bagi pengunjung yang mandi disana. Curug Ciomas juga dikenal dengan nama Curug Luhur Indah.

5). Taman Quiling (Pemakaman Quliling Serena)

Sebagian besar objek-objek wisata di atas telah memilik fasilitas yang memadai. Contohnya telah disediakannya tempat parkir yang cukup luas dan teduh karena dikelilingi pepohonan. Harga tiket masuknya Rp 8.000 / orang dan Rp. 5.000 / mobil, cukup murah dan terangkau. Para pengunjung akan disambut para petugas yang ramah dan baik hati.

2 komentar:

  1. tolong kasih informasi yang rinci donk kalau dari arah cikarang cibarusah jalannya kemana buat sampe ke curug country.

    terimakasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutin jalan aja ke arah cariu, nanti di sebelah kiri ada plang tulisannya "pesona tanjungrasa". gangnya ada di seberang (sebelah kanan jalan) namanya jl. cijejetpolri yg ada pangkalan ojeknya.

      Hapus